Ma'aruf: Tua Itu Usia 80 Sampai 100 Tahun, Saya Belum



Cawapres 01 Ma'ruf Amin menanggapi soal anggapan orang bahwa dirinya sudah tua. Pria berusia 76 tahun itu mengatakan dirinya belum termasuk kategori tua, tetapi paruh baya.

“Kata WHO, yang tua itu kalau umur 80 sampai 100 tahun. Kalau menurut WHO saya belum tua karena saya belum 80tahun, jadi saya belum tua. Di bawah 80 namanya setengah baya,” ujar Ma'ruf di acara 'Jogja Nyawiji Nderek Kyai' di Lapangan Lumbungrejo, Sleman, Kamis (28/3).

Ia mengatakan keputusan untuk mendampingi capres 01 Jokowi menjadi cawapres juga penuh filosofi. Dia terinspirasi dari sebuah kisah kakek tua yang menanam pohon. Banyak orang yang mengatakan pohon yang ditanam kakek tersebut tidak akan diperoleh hasilnya oleh sang kakek.

Namun, kata Ma'ruf, kakek tersebut lantas menjawab pohon yang ditanam bukan untuk dirinya sendiri tapi untuk generasi sesudahnya.

Ma'ruf juga berkaca pada sosok Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad yang tetap prima memimpin meski sudah berusia 93 tahun.

“Kenapa saya yang belum 80 tahun tidak berani untuk jadi calon wakil presiden Indonesia?” katanya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak terpancing hoaks dirinya akan digantikan mantan Gubernur DKI Basuki Tjahja Purnama (Ahok atau BTP) jika terpilih nantinya. Serta, lanjut dia, hoaks yang menyebut dirinya hanya sebagai alat.

“Nanti kalau jadi (wapres), diganti sama Ahok, memangnya RT. Ma'ruf Amin paling cuma jadi alat, emangnya saya pacul. Karena itu kita jangan terpengaruh isu-isu yang seperti itu,” ucapnya.

Comments